2003058GreeceCongaree dulunya adalah tempat tinggal burung pelatuk paruh gading, yang sekarang telah diyakini telah punah. Pada tahun 2005 seekor pelatuk paruh gading dilaporkan terlihat di Arkansas, sehingga mendorong para sukarelawan melakukan survei burung dikawasan lain habitat awal burung ini.

IvoryBilledWoodpeckerSebuah rawa luas yang berada di sepanjang Sungai Congaree di tenggara Colombia, adalah salah satu tempat tumbuh pohon-pohon hutan tertinggi di dunia. Rawa Congaree, ditetapkan sebagai taman nasional ke-57 Amerika Serikat pada tahun 2003, memiliki sisa-sisa hutan dataran banjir tua di Amerika Serikat.

Tanah dan unsur  hara yang terdapat di ekosistem dataran rawa banjir yang dinamis mendorong pertumbuhan pohon-pohon. Di Congaree tumbuh beberapa pohon yang merupakan juara nasional, termasuk pinus lobloli yang merupakan pohon terbesar di Amerika Serikat.

an_ivory-billed_woodpeckerYang senama dengan rawa ini, yaitu suku Indian Congaree, menyebut kawasan ini sebagai rumah sampai awal tahun 1700-an ketika epidemic cacar air – dibawa pendatang eropa – menghabisi seluruh populasi suku tersebut.

Taman itu memiliki sejumlah “gundukan sapi”, yaitu ketinggian yang dugunakan sapi-sapi ternak untuk menghindari banjir ketika rawa pasang. Pada tahun 1996, gundukan-gundukan itu ditambahkan ke dalam Daftar Nasional Tempat-tempat Bersejarah.